ANALISIS KELAYAKAN USAHA PABRIK TAHU XYZ BERDASARKAN ASPEK PEMASARAN
DOI:
https://doi.org/10.231086/k7f0mh89Abstrak
Pabrik tahu merupakan salah satu industri kecil yang berperan terhadap kondisi sosial ekonomi. Salah satu pegiat industri kecil yang ada di Genukwatu adalah pabrik tahu “XYZ”. Pabrik tersebut masih beroperasi dan eksis hingga sekarang sejak tahun 2010. Seiring berjalannya waktu tidak menutup kemungkinan terdapat hambatan atau kendala selama berdirinya pabrik tahu tersebut, seperti persaingan harga pasar, suplai bahan baku, jangkauan pemasaran dan sebagainya. Kebutuhan akan kelayakan usaha pabrik tahu menjadi penting dikarenakan dapat membantu menghindari kerugian serta membuat keputusan yang tepat dalam usaha. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kelayakan usaha pabrik tahu “XYZ”. Penelitian ini menggunakan metode observasi di lapangan, wawancara dan dokumentasi. Dari analisis kelayakan usaha berdasarkan aspek pemasaran, maka usaha pabrik tahu layak dijalakan karena tingginya pangsa pasar dan keuntungan bersih sebesar Rp 21.450.000,00.