PENGARUH PENDIDIKAN KEWIRAUSAHAAN DAN LITERASI KEUANGAN TERHADAP MINAT BERWIRAUSAHA MAHASISWA DI JOMBANG
DOI:
https://doi.org/10.231086/gfhn8q95Keywords:
Literasi Keuangan, Minat Berwirausaha, Pendidikan KewirausahaanAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi keuangan terhadap minat berwirausaha mahasiswa di Jombang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan populasi mahasiswa di kabupaten Jombang (STKIP PGRI Jombang dan Universitas KH. Wahab Hasbullah) yang sedang menempuh atau telah menyelesaikan mata kuliah kewirausahaan yang berjumlah 407 mahasiswa. Sampel diambil menggunakan proporsional random sampling dengan jumlah responden sebanyak 202 orang. Peneliti menggunakan kuesioner dan dokumentasi untuk pengumpulan data. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis regresi linier berganda dengan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas dengan menggunakan program SPSS versi 25: 1) pengaruh pendidikan kewirausahaan dan literasi keuangan secara bersama-sama terhadap minat berwirausaha dimana untuk penelitian ini diperoleh nilai sig pada uji F 0,00 < 0,05 maka Ha diterima. 2) Pendidikan kewirausahaan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan signifikan sebesar 0,000. 3) Literasi keuangan memberikan pengaruh signifikan secara parsial terhadap minat berwirausaha dengan signifikansi sebesar 0,015